Sholat adalah

Bismillahir-Rahmanir-Rahim … Sholat adalah amaliah keseharian seorang muslim yang luar biasa.

Yang merupakan tangga utama untuk meraih tataran spiritualitas yang tertinggi tapi lurus. Ini bisa dilihat dari proses mulai diwajibkannnya sholat. Dimana Rosullullah saw perlu diundang langsung oleh Allah. Dinaikkan, dimikrajkan, diangkat ke langit untuk menerima secara langsung kewajiban sholat tanpa perantara. Ini berbeda dengan kewajiban-kewajiban lain yang proses pewajibannya tanpa melalui mikraj ke langit. Bisa ditarik kesimpulan disini bahwa sholat, adalah amaliah ibadah yang istimewa yang memiliki keunggulan tersendiri dibanding ibadah ibadah lain. Sholat adalah isi ulang energi …

shalat-jumat

Setiap hari, setiap kita memerlukan banyak energi yang dibutuhkan seiring dengan banyaknya problem, masalah, kasus, kegiatan rutinitas yang saban hari harus dihadapi dan diselesaikan. Baik energi yang berasal dari alam fisik semisal nutrisi makanan yang bergizi untuk memenuhi kebutuhan tubuh fisik kita, energi mental emosional yang berasal dari hubungan yang harmonis antar sesama untuk memenuhi kebutuhan emosi dan mental. Tapi juga perlu energi spiritual yang berasal dari alam spiritual/langit untuk pemenuhan kebutuhan rohani kita.

Ibarat handphone yang harus dicharge ulang agar bisa aktif secara normal. Begitupun juga manusia, harus dicharge dimensi spiritualnya melalui sholat yang khusyu agar dimensi spiritualnya bisa aktif secara normal dan lurus. Agar terjadi keseimbangan dan keharmonisan energi, sehingga membawakan kehidupan yang lebih sempurna dan mencerahkan. Agar keberhasilan dalam dunia fisik, dunia kerja, dunia karir, dunia ekonomi, dunia politik, dan lain lain, juga dibarengi dengan keberhasilan dalam dunia spiritualnya. Alias sukses di dunia sekaligus di akherat. Bukannya sukses di dunia, tapi tidak sukses di akherat, alias masuk neraka.

lumpuh-tapi-tetap-shalat

Keistimewaan energi sholat … Berbeda dengan kekuatan yang terkandung dalam energi mental emosional apalagi energi fisik, yang cenderung lebih lemah dibandingkan dengan energi spiritual. Energi spiritual jauh lebih kuat, lebih sempurna, lebih luas jangkauannya, lebih menghunjam ke dalam hati dan jiwa bahkan rohani. Dan ini tidak mengherankan karena energi spiritual sholat memang mengaktifkan dimensi ruh manusia.

 

Jadi yang terpengaruh oleh energi sholat bukan hanya dimensi fisik dan dimensi jiwa/mental saja. Tapi lebih dalam dari itu. Energi sholat mampu menyentuh dimensi manusia yang paling inti, yang paling murni. Suatu dimensi yang agung karena berasal langsung dari tiupan ilahi. Dimensi yang bukan diciptakan tapi ditiupkan. Itulah dimensi ruh. Dimensi ruh tidak bisa diaktifkan dengan makanan yang bergizi. Dimensi ruh tidak bisa diaktifkan dengan sekedar menjalin hubungan yang baik antar sesama.

shalat-khusyu

Dimensi ruh hanya bisa diaktifkan dengan cara berhubungan langsung dengan sumber kehidupan. Dengan aktifitas-aktifitas positif, seperti sholat, dzikir, baca quran, sedekah, berbakti kepada orang tua dan sebagainya yang dilakukan semata-mata karena atas nama Dzat yang Maha Agung, untuk mencari keridhoan Dzat yang Maha Tunggal, Allah yang Maha Rahman.

 

Perbuatan kebajikan apapun itu, bila motivasi/niat melakukannya tidak murni karena Allah semata, maka tak akan mampu untuk mengaktifkan energi ruh. Riya’/pamer, ujub/bangga diri, takabbur/sombong, sum’ah, hasud/iri dan lain-lain yang menyertai, memotivasi suatu amal kebajikan hanya akan membuat kebajikan itu kehilangan cahaya berkahnya. Sehingga dimensi ruh tak tersentuh sama sekali.

 

Bahkan energi hawa nafsulah yang makin kuat dan mendominasi. Sementara dimensi ruh makin tenggelam dan hilang. Kebaikan yang tidak ikhlas tidak mendatangkan cahaya ilahi. Bahkan sebaliknya, menarik datangnya kegelapan demi kegelapan …

 

Wallahu A’lam bishawab .. Wabillahi Taufik Wal Hidayah, … Salam Terkasih .. Dari Sahabat Untuk Sahabat … … Semoga tulisan ini dapat membuka pintu hati kita yang telah lama terkunci … Semoga bermanfaat dan Dapat Diambil Hikmah-Nya … Silahkan DICOPAS atau DI SHARE jika menurut sahabat note ini bermanfaat …. #BERSIHKAN HATI MENUJU RIDHA ILAHI# …. Subhanallah wabihamdihi Subhanakallahum ma Wabihamdika Asyhadu Allailaaha Illa Anta Astaghfiruka Wa’atuubu Ilaik ….

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Comments are closed.